Kue Cincin

     
Orang betawi memang orang sederhana, dalam hal membuat kue pun sungguh sederhana, seperti Kue Cincin ini, dengan bahan yang sangat mudah didapat dan cara membuatnya pun sangat simpel walaupun memakan waktu yang lama sedikit tapi sesuai dengan lama mendiamkan bahannya, maka kue ini pun sama lezatnya dengan kue modern, gak percaya, silakan coba aja dengan resep di bawah ini :
Cara dan resep Kue Cincin pertama
Bahan Kue Cincin :
·         100 gram kelapa setengah tua, kupas,parut kasar, Sangrai sampai warna kecoklatan
·         75 gram gula Merah
·         125 ml Air -(dakuw tambahakn jadi 150 ml)
·         250 gram Tepung Beras
·         75 gram Gula pasir
·         1/4 sendok teh garam
·         Minyak untuk menggoreng
Cara Membuat Kue Cincin :
·         Rebus Gula merah dan air sampai mendidih,lalu saring selanjutnya tuangkan ke tepung beras selagi panas,dengan di aduk rata.
·         Selanjutnya tambahkan Kelapa yang sudah  di Sangrai lebih dahulu,gula pasir dan garam. Uleni hingga adonan kalis. diamkan semalaman.
·         Bentuk seperti cincin kecil, lalu goreng hingga warna kecoklatan.
·         Lalu angkat,dingin kan, kue pun siap di cicipi.
Selamat berkreasi, oy biasanya kue ini dibuat sebagai kue jajanan, maka gak salah kalau anda membuat kue ini dengan menitip di warung-warung sebagai pendongkrak ekonomi keluarga.

Cara dan resep Kue Cincin kedua
Bahan:
Minyak untuk menggoreng
Adonan A:
·         75 g kelapa setengah tua, parut, sangrai
·         250 g tepung beras
·         100 g gula pasir halus
·         ½ sdt garam

Adonan B:
·         100 g gula merah
·         2 lbr daun pandan, simpulkan
150 ml air
Cara Membuat:
·         Rebus bahan B hingga larut. Saring. Sisihkan.
·         Aduk rata kelapa sangrai, tepung beras, gula pasir, dan garam.
·         Tuangkan larutan gula yang masih panas ke dalam campuran tepung, uleni hingga kalis dan mudah dibentuk.
·         Letakkan dalam baskom dan tutup dengan kain basah. Diamkan dalam suhu ruang selama 8 jam.

·         Ambil 1 sdm adonan, bentuk seperti cincin, goreng dalam minyak banyak hingga mengapung dan matang. Angkat. Sajikan setelah dingin.

Makanan Kue Pepe Betawi

     
Resep kue Pepe Betawi enak. Kue ini termasuk dalam kategori kue lapis. Kue lapis khas betawi, yang bahan utamanya tepung kanji, membuat kue kenyal dan bening tembus pandang. Ciri lain dari kue ini adalah aroma daun jeruknya yg tajam. Tingkat kesulitan membuat kue ini tidaklah terlalu sulit, Cuma memerlukan waktu yang lama dan kue pepekesabaran dari pembuatnya.Kue dibawah ini dicetak dengan cucing dari keramik atau plastik, jika dicetak di dalam loyang seperti membuat kue lapis, mohon diperhatikan cara memotongnya agar kue tidak hancur. Tunggu sampai kue dingin, lepaskan dari cetakan, potong dengan benang jahit atau pisau yang dibungkus plastik tipis,jika mengunakan pisau diharapkan yang benar-benar tajam sehingga hasil potongan tidak berlepotan.
Bahan Bahan Dan Bumbu
·         1.100 ml air pandan
·         2 butir kelapa tua, kupas kulitnya, parut
·         10 lembar daun jeruk
·         600 gram gula pasir
·         1 sdt garam
·         600 gram tepung kanji
·         5 tetes sumba warna hijau
·         5 tetes sumba warna merah

Cara Membuat Masakan Pepe Betawi Enak
·         Campur air pandan dengan kelapa parut, peras santannya sebanyak 1.100 ml. Masak santan bersama daun jeruk, gula, dan garam dengan api sedang, aduk hingga mendidih agar santan tidak pecah. Angkat, sisihkan hingga suam (hangat).
·         Panaskan dandang berisi air untuk mengukus. Olesi cetakan cucing dari keramik/plastik dengan minyak.
·         Taruh tepung kanji dalam wadah, tuangi santan suam sedikit demi sedikit sambil di aduk.
·         Setelah larut, bagi adonan jadi 3 bagian. Warnai sebagian dengan sumba warna hijau, sebagian lagi merah, dan sisanya biarkan berwarna putih.
·         Panaskan cetakan dalam dandang selama 2-3 menit. Tuangkan adonan merah hingga ¼ bagian, kukus selama 10 menit. Tuamg adonan putih di atasnya hingga cetakan ½ penuh, kukus lagi selama 10 menit.

·         Tuang adonan hijau dan kukus lagi selama 10 menit. Terakhir tuang adonan merah hingga cetakkan hampir penuh. Kukus selama 30 menit hingga seluruh kue matang. Angkat, setelah dingin keluarkan kue dari cetakan.

Kue Cucur Betawi

     
Kue cucur merupakan kue tradisional yang sampai saat ini masih banyak yang menyukai. Cara membuat kue cucur ini termasuk gampang gampang susah. Semoga resep kue cucur yang saya tampilkan di blog kesayangan ini yaitu resep masakan q dapat bermanfaat bagi kita semua. Bahan untuk membuat kue cucur tidak membutuhkan banyak bahan. Diantaranya adalah tepung beras, tepung terigu dan gula merah. Baca juga tips agar kue cucur mengembang sempurna dan berserat.
Kue CucurKenapa namanya kue cucur? Hahaha. Lucu ya namanya. Usut punya usut dari pedagang kue cucur betawi, karena cara bikinnya dengan cara meneteskan dalam jumlah banyak adonan tersebut di atas loyang. Bahasa betawinya "ngocor"; tapi oleh para pendatang dihaluskan jadi "ngucur", jadilah "cucur". So simple hah? Kue sejenis ini juga terdapat di Tasikmalaya dan diakui sebagai bagian dari budaya khas Tasikmalaya.
Nah, itu artinya, kue cucur ini tidak murni dari Betawi sebenarnya. Tapi bagian dari budaya yang dibawa oleh para migran yang datang ke Betawi di masa yang lampau. Tapi, tetap kini sudah dianggap menjadi milik Betawi.

Bahan untuk membuat kue cucur :
·         125 gram tepung beras
·         30 gram tepung terigu protein sedang
·         125 gram gula merah
·         2 lembar daun pandan
·         1/4 sendok teh garam
·         230 ml air
Cara membuat kue cucur enak :
·         Langkah pertama yang akan kita lakukan adalah mendidihkan air sebanyak 230 ml, daun pandan dan gula merah hingga gula larut dan mendidih. Kemudian saring dan diamkan sampai hangat (tidak terlalu panas).
·         Kemudian kita campur tepung beras, garam dan tepung terigu. Kemudian kita tuang larutan gula merah sedikit demi sedikit sambil terus diuleni.
·         Setelah adonan kue cucur agak mengental, keplok keplok (pukul pukul) selama kurang lebih 30 menit sambil diberi larutan gula merah sedikit hingga habis.
·         Setelah itu kita diamkan adonan cucur selama kurang lebih 40 menit.
·         Kita panaskan minyak goreng sebanyak 4 sendok makan kedalam cetakan kue cucur (wajan cekung kecil).
·         Tuang adonan cucur dalam cetakan kemudian siram siram dengan minyak panas sampai kue cucur mengembang dan berserat.

·         Tusuk bagian tengah dari kue cucur dengan tusukan gigi. Lakukan sambil diputar putar agar bagian mentah pada kue cucur ikut matang. Kita balik kue cucur sebentar dan angkat.

Kue Rangi Betawi

     
Kue Rangi atau sering disebut sagurangi adalah salah satu kue tradisional Betawi yang masih mudah dijumpai hingga saat ini. Kue dari campuran kelapa parut dan tepung sagu ini disajikan dengan saus gula merah yang dikentalkan dengan sedikit sagu. Untuk saus gula merahnya bisa juga ditambahkan potongan nangka, nanas atau durian dan buah-buahan lain sesuai selera. Kue ini rasanya gurih dan beraroma wangi karena dimasak dengan cara dipanggang menggunakan bahan bakar kayu.
Kue RangiCetakkan kue rangi lebih mirip dengan kue pancong atau bandros tapi ukurannya lebih kecil. Beberapa pedagang kecil membuat kue rangi tanpa menggunakan cetakan kue jadi hanya dikecilkan dan ditipiskan ukurannya.
Bahan serta bumbu untuk membuat kue rangi antara lain: kelapa tua, tepung sagu, gula merah serta sedikit garam dan air. Adonan bahan kue ini tidak dapat bertahan lama sehingga harus dihabiskan dalam satu hari karena mudah basi.
Kue rangi adalah salah satu kue tradisional Betawi yang masih dapat kita jumpai hingga saat ini. Kue dari campuran kelapa parut dan tepung sagu ini disajikan dengan saus gula merah yang dikentalkan dengan sedikit sagu. Cetakkan kue rangi lebih mirip dengan kue pancong tapi ukurannya lebih kecil.
 Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
·         200 gram kelapa tua, diparut kasar
·         400 gram tepung sagu tani
·         1 sendok teh garam
·         125 ml air

Bahan Saus:
·         150 gram gula merah
·         200 ml air
·         5 sendok teh tepung sagu tani, dilarutkan dengan 5 sendok teh air

Cara membuat:
·         Uleni kelapa parut kasar, tepung sagu tani, dan garam sambil ditambahkan air sedikit-sedikit sampai berbutir.
·         Panaskan cetakan kue rangi di atas api sedang. Tuang adonan. Tutup dan biarkan 5 menit sampai matang. Angkat.
·         Saus, rebus gula merah dan air sampai gula merah larut. Saring. Kentalkan dengan larutan tepung sagu tani. Aduk sampai meletup-letup. Angkat.

·         Sajikan kue rangi dengan saus gula merah.

Axact

KAOS DISTRO

Kami adalah produsen KAOS DISTRO, KAOS DAKWAH yang sudah terkenal di Indonesia, jika anda ingin membeli atau hanya ingin melihat koleksi kaos dari kami silakan kunjungi website kami ghirah.com dan www.kaosdistro.web.id.

Post A Comment:

0 comments: